Prestasi Luis Mila, Calon Pelatih Timnas Indonesia Yang Doyan Anak Muda


NyusPles - Demi perbaikan kualitas sepakbola Indonesia pengurus PSSI bergerak cepat dengan memilih calon pelatih timnas. Pelatih ini nantinya akan menggantikan Alfred Riedl yang tidak diperpanjang kontraknya. Meski belum diumumkan secara resmi tapi nama Luis Mila jadi kandidat terkuat pelatih Timnas Indonesia.
Jika dilihat dari rekam jejaknya, Luis Mila adalah pilihan terbaik PSSI untuk membesut tim Garuda. Pelatih asal Spanyol ini punya latar belakang sukses bersama tim di level usia muda. Ini sejalan dengan misi PSSI untuk membangun sepakbola Indonesia dengan bermaterikan pemain muda.

luis mila pelatih timnas indonesia

Pelatih berusia 50 tahun tersebut pernah membawa Timnas Spanyol U-21 juara Piala Eropa U-21 pada 2011. Sejak 2008 hingga 2012, Luis Milla dipercaya RFEF (Federasi Sepak Bola Spanyol) memegang timnas level usia muda.

Tak hanya itu, Luis Milla juga pernah menangani Timnas Spanyol U-19, U-20, U-21, hingga U-23. Piala Eropa U-19, Piala Eropa U-21, hingga Olimpiade 2012 di London jadi turnamen dia bersama La Furia Roja muda. 

Di level klub, ia pernah menjadi asisten Michael Laudrup di Getafe pada musim 2007-2008. Pucol, yang berkompetisi di Divisi Regional menjadi klub di awal kariernya sebagai pelatih.

Di Uni Emirat Arab (UEA), Luis Mila pernah menangani Al Jazira pada 2013, merombak tim dengan mendepak sejumlah pemain tua dan memercayakan pemain muda ke skuat utama. Sempat dicemooh dan diragukan tapi kebijakannya ini berbuah manis dengan munculnya pemain-pemain hebat UEA.

Seandainya Luis Mila jadi menukangi tim Merah Putih maka akan tercipta kompetisi di antara para pemain muda. Nama besar bukan jaminan bakal aman di skuat besutannya.

Luis Mila terkenal pelatih yang “doyan” anak muda. Sederet bintang sepak bola dunia pernah merasakan tangan dinginnya. Sebut saja Javi Martinez, Thiago Alcantara, Ander Herrera, Juan Mata, David De Gea di Timnas Spanyol.
Jika Luis Mila benar-benar menangani Timnas Indonesia, pencinta sepak bola tanah air pun tentu berharap akan lahirnya pemain-pemain muda berkualitas di Indonesia. 


Subscribe to receive free email updates: