Bahaya Memperturutkan Nafsu


NyusPles - Dasar permusuhan, kejahatan dan kedengkian yang muncul di tengah manusia adalah karena mengikuti nafsu. Siapa yang menentang nafsunya berarti dia membuat hati dan badannya menjadi tenteram dan sehat. 

(Namun sebaliknya, sebagaimana dikatakan Abu Bakar Al-Warraq), "Apabila nafsu yang menang, hati menjadi gelap. Jika hati menjadi gelap, dada akan terasa sesak. Jika dada menjadi sesak, akhlak menjadi buruk. Jika akhlak menjadi buruk, niscaya dia akan membenci orang lain dan orang lain pun membencinya. 

api nafsu

Maka, perhatikanlah apa yang diakibatkan nafsu. Dia mendatangkan kebencian, kejahatan, permusuhan, pengabaian hak, dan aneka keburukan lainnya.

Dan, ketahuilah pula bahwa tidaklah nafsu mencampuri sesuatu kecuali dia merusaknya. Jika nafsu mencampuri ilmu, dia mengeluarkan darinya bid'ah dan kesesatan. Jika nafsu mencampuri zuhud, dia mengeluarkan pelakunya kepada riya dan menyalahi sunnah.

Jika nafsu mencampuri hukum, dia mengeluarkan pelakunya kepada kezhaliman dan menghalangi kebenaran. Jika nafsu mencampuri pembagian, dia mengeluarkan pembagian itu kepada ketidakadilan dan kebohongan.

Jika nafsu mencampuri ibadah, niscaya ibadah itu akan keluar dari ketaatan dan taqarrub. Jadi, selagi nafsu mencampuri sesuatu, niscaya dia akan merusaknya.

Subscribe to receive free email updates: