Allah Tetap Sayang Meski Kita Banyak Dosa


Nyusples - Sungguh besar kasih sayang Allah Swt. kepada kita, hamba-Nya, meski sebesar apapun dosa yang kita punya. Asal kita tidak berputus asa dan mau kembali pada-Nya, Allah akan mengampuninya.

"Katakanlah, 'Hai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya ..." (QS Az-Zumar, 39:53)

Dalam ayat ini, Allah Ta'ala tidak berfirman, "Wahai hamba-hamba-Ku yang membunuh, berzina, (atau dosa lainnya)." Namun, dia memanggil mereka dengan "hamba-hamba yang melampaui batas".

kasih sayang Allah

Di sini terlihat bagaimana kelembutan dan besarnya kasih sayang Allah kepada hamba-Nya. Sehingga, Dia tidak secara khusus menyebutkan dosa yang mereka lakukan.

Lalu, frasa "hai hamba-hamba-Ku" mengandung isyarat bahwa Allah menggabungkan "hamba-hamba" dengan Zat-Nya sendiri (hamba-hamba-Ku).

Ini menjadi bukti besarnya cinta Allah kepada kita, sekaligus sebagai bentuk hiburan dan penghormatan. Dan sungguh, keburukan yang dilakukan seorang hamba tidak mungkin mengurangi keagungan-Nya.

Maka, ketika Allah memanggil dengan menggandengkan nama kita bersama nama-Nya, siapapun layak berbangga dan bersegera kembali kepada-Nya lagi menjawab seruan-Nya.


Bagaimana rasanya kala seorang maharaja memanggil rakyatnya yang bersalah dengan panggilan penuh sayang dan janji pengampunan? Sangat bodoh apabila dia mengabaikannya. Apakah lagi jika yang memanggil tersebut adalah Zat Penguasa Semesta.

Subscribe to receive free email updates: