Gong Xi Fa Chai Ternyata Bukan Ucapan Selamat Imlek

NyusPles - Ada kesalahan yang mungkin tidak disadari ketika kita merayakan tahun baru Imlek, kita biasanya mengucapkan Gong Xi Fa Chai yang seolah berarti selamat tahun baru Imlek. Tapi ternyata arti kalimat itu tidak berkenaan dengan tahun baru Imlek.
Dilansir dari situs www.gongxifatchoi.com, makna kalimat Gong Xi Fa Chai sebenarnya bukan Selamat Tahun Baru Imlek. Orang-orang kebanyakan masih salah dalam mengartikannya.
Gong Xi Fa Chai
Kalimat Gong Xi Fa Chai yang benar memiliki arti "Selamat Sejahtera". Sejarah singkat pemberian nama "Gong Xi Fa Chai" berawal dari kata "Gong Xi" yang memiliki arti selamat karena penduduk Tiongkok pada zaman dulu selamat dari binatang buas.
Baca Juga YaPersembahan Imlek Dari Bintang-Bintang NBA Untuk Fans
Sedangkan kata "Fa Chai" memiliki sejarah dari sebuah kesejahteraan yang seiring perkembangan zaman semakin baik di tengah masyarakat Tionghoa. Sementara untuk ucapan "Selamat Tahun Baru Imlek" diucapkan dengan kata-kata "Xin Nian Kuai Le".
Ucapan "Gong Xi Fa Chai" selain diucapkan oleh kalangan dewasa, diucapkan juga oleh anak-anak ketika sedang berkunjung. Anak-anak mengucapkan "Gong Xi Fa Chai" ditambah dengan ucapan "Hong Bao Na Lai" yang memiliki arti "Ang Pao ke Sini Dong!" Ucapan-ucapan seperti itu sudah tidak asing di kalangan warga Tionghoa.
Dalam sebuah ucapan pemaknaan lebih diperkenalkan lagi. Hal ini dilakukan agar tidak ada yang salah mengartikan sebuah makna dalam ucapan ketika Hari Raya Imlek.
Baca Juga Yang Ini5 Inspirasi Riasan dari Warna Imlek
Dilansir Wikipedia, perayaan Tahun Baru Imlek di Indonesia awlanya dilarang. Namun pada tahun 1946 yakni ketika Republik Indonesia baru berdiri Presiden Soekarno mengeluarkan Penetapan Pemerintah tentang hari raya umat beragama.
Sejak saat itulah perayaan Imlek dirayakan di Indonesia. Biasanya perayaan Imlek berlangsung hingga 15 hari. Satu hari sebelum atau disaat hari raya Imlek orang Tionghoa melakukan pemujaa kepada leluhur.
Di hari terakhir perayaan yakni tanggal 15 Imlek, mereka melakukan sembahyang penutupan tahun baru. Upacara besar itu disebut Sembahyang Gwan Siau.

Subscribe to receive free email updates: